Thursday, April 24, 2008

Curahan Hati Sekelompok Potograper Wedding

Sebenernya hal ini sudah gw rasain lama, walaupun cuman jadi weekend potograper (dan jarang dapet order), tapi ya kok kadang2 ngerasa, harga yang ditawar sama calon klien tuh ga masuk akal (ga usah ngomong reward untuk skill lah). Lha buat production cost aja ga nutup.
Berikut petikan dari forum FNet:
http://www.fotografer.net/isi/forum/topik.php?id=3193790796&p=2

MM (wong ngetop neng FN)

Re: Harga murah = Fotografer asal asalan?

yang SALAH ada 2 orang (komposisi kesalahan 20% : 80%) :
1. Pihak HOTEL (20%) - ngasih Fotografer asal asalan
2. Mempelainya (80%) - ini "harta karun" seumur hidup, kenapa ambil resiko dengan paket yg gak jelas. Dengan kata lain, seperti didiet diatas, JANGAN PELIT-PELIT lah



Sorry, gantian saya yg curhat, mewakili temen temen fotografer yang sering "dihargain" murah oleh mempelai (dengan kata lain ditawar abis abisan).


(Terkadang) Mempelai dan keluarga lebih mementingkan Harga Dekor jutaan rupiah, katering RATUSAN juta rupiah, padahal, mau kepake berapa lama???Paling mentok 3-4jam.
Hanya untuk harga sebuah gengsi dihadapan tamu??Dihadapan atasan??diatasan temen deket??Takut diomongin kalo weddingnya (terlihat) kurang mewah?? Sehingga mengorbankan budget dari dokumentasi..... ck ck ck ck....


Untuk "sebuah' foto, (yang akan dipake seumur hidup), malah nyari yg irit irit, demi potong budget bayar gengsi dekor dan katering. Bukan berarti dekor dan katering gak penting, tapi paling tidak ya luangkan waktu sejenak untuk hal berikut:

1. survey fotografer (gak cuma njelimet melulu ngurus katering dan dekor), bunga ini, bunga itu , gubuk makananan ini gubuk itu,.. Pelaminan ini-itu dll
2. jangan MALAS tanya sana sini, bisa dari web, email atau bahkan temen2 dekat yg pernah menikah. Tidak SEMUA fotografer murah hasilnya murahan.
3. Kalo tetep mau bertahan irit-iritan dari sisi dokumentasi,....siapkan hati sebaik-baik nya, duit di irit-irit hasilnya ya "paket irit" (irit kualitas, irit hasil, irit warna...irit kabeh sak kabeh kabehe).

Yahhh paling nggak ada kenangan lah untuk anak cucu..... kenangan bahwa ayah-ibu nya pernah menikah dengan "POTONG BUDGET" dokumentasi, jadi hasilnya ya seperti itu. Itung itung, ngajarin anaknya untuk belajar satu pelajaran berharga, kebanykan GENGSI, Justru MAKAN HATI. Terima kasih. Mohon maaf kalo ada yg kurang berkenan.
Hanya mewakili, suara hati (beberapa) temen fotografer


.....Peace....

No comments: