Friday, April 13, 2007

Tips & Trik Kamera Digital #1: Memilih Kamera Digital Pocket Beberapa kali saya dapet email or telpon, or nanya langsung, tentang 'gimana cara milih Kamera Digital', 'gimana cara motret d tempat yang cahayanya minim' dst. Mmm, ternyata camdig udah booming. Motret jadi begitu gampang, gak kyk jaman dulu yg ribet masang film, tinggal 'cepret', jadi! (lucunya, sekitar 6 bulan lalu, saya dimintain tolong sama anak magang SMK d kantor, buat masang film, setelah 4 taun gak pernah megang. Untung gak kusut, hahahaha!!). Berdasar pengalaman n baca2 majalah n website, berikut tips dari saya:

Tentukan Budget

Misalkan, Anda punya merasa butuh, n kebetulan ada tabungan trus kepikiran mau beli kamera, jangan hanya melihat HARGA kameranya saja. Ada berbagai pernik yang mesti Anda beli:

- tas kamera
(kira2 100 rb an) : jarang dapet tas pada paket pembelian. Beli yang bagus sekalian, awet dan kuat, plus semi-weatherproof. Merk Lowepro adalah pilihan yang bagus.

- batere : kalo kameranya pake batere AA, baiknya beli yang rechargeable, plus sama chargernya, kira2 satu set > 200 rb (+ 4 buah batere). Kalo pake batere lithium, tapi Anda sering travel dan males ngecharge, beli batere backup perlu dipikirkan, harganya sekitar 200 rb an jg. Beli merk yg 3rd party juga oke (misalnya merk Gadgetizer or else), harganya bisa 50-70% dari harga OEM (asli).
- kartu memori :
ini kalo di paketnya dapetnya cuman 32/64 MB (kadang malah ga dapet sama sekali). Minimal sih beli 512 MB, kira2 <>murah, tergantung merk. tapi rekomendasi saya SanDisk or Kingston.) Memori besar diperlukan karena saat ini kamera poket ada yg sampe 10 Mega Pixel!

- screen protector :
harganya 50-75 rb, kadang ada yg 100 rb, daripada screen baret2 pas motret outdoor.

Emang sih, 4 poin d at
as optional, bisa beli, bisa kagak. cuman yang urgent : tas, sama memory card.

Mega Pixel Besar = Kamera yang Bagus??
Saat ini, pocket camdig ada yang sampe 10 MP. Sebenarnya ini pemborosan memori di memory card. Sejatinya, 3-5 MP untuk campocket, rasanya sudah cukup, apalagi kita paling nyetak maksimal ukuran 4R. Bahkan untuk ukuran 10R (ukuran 20x25 cm), 5 MP pun sudah cukup, gambar dijamin gak akan pecah.
Banyak merk dari taiwan yg mencantumkan: sensor 5 MP, efektif 10 MP. Terus terang saya ga ngerti sama kata2 'efektif' di sini. Ada kemungkinan itu hasil interpolasi/proses digital. Dijamin, hasilnya bakal pecah. Hehehe. So intinya, mega pixel besar, bukan jaminan kamera itu bagus. Keuntungan MP besar adalah, jika kita akan memotong/me-crop satu area tertentu dari foto kita, hasil nya masih lumayan untuk dicetak. Misalnya, file asli berukuran 10 MP, dan setelah dilakukan pemotongan, ukurannya kira2 jadi 5 MP. Hasil potongan tsb dijamin gak pecah/hilang detilnya.

Merk

Ada berpuluh merk camdig, dari merk Jepang, korea, sampe Taiwan/China. Saat tulisan ini dibuat, digicam pocket yg paling laku Canon. Nikon, Sony, Fuji, Panasonic Olympus dll juga bagus. Bahkan ada merk lokal, namanya MPix (subs nya Fuji Jepang), menurut review di Kompas lumayan bagus. Cuman menurutku, Canon yg model sama fitur lumayan asik plus harga yg kompetitif. Kalo merk Korea, Taiwan, maap2 kata, blum berani saya rekomendasikan. Kenapa? Lensa! Membuat kamera perlu sokongan lensa yang ciamik, dan merk2 Jepang spt Canon (Canon Lens)-Nikon (Nikkor)-Sony (Carl Zeiss Lens) - Panasonic (Leica Lens) sudah menggunakan lensa yang bagus.
Sedangkan merk Korea, ada yang bagus, tapi saya masih ragu dengan sensornya. Kalo yang merk Taiwan, absolutely, ai tolak! Hahahaha.

Purna jual & servis senternya
Canon ok (di kemayoran), nikon ok (di mangdu), sony (kyknya d kuningan), olympus (ada sih, cuman ga tau dimana, dan kyknya masih agak 'gagap', byk yg ngeluh di forum fotografer).

Beli Kamera: Buat Apa?
Cuman jeprat-jepret doank, apa mo sekalian belajar motret dikit2? Maksudnya, belajar
motret biar hasilnya maksimal. Kalo mau belajar motret, sekalian beli yg ada setelan manualnya. Harganya hampir sama aja. Kita bisa set kecepatan rana, lebar diafragma yang bisa menghasilkan foto yang 'beda' dibanding jika menggunakan mode otomatis. Tapi kalo mau praktis2 aja, yasud, beli yang full otomatis. Tapi saran saya sih, beli yg bisa ngeset manual juga, siapa tau, ada bakat terpendam buat jadi fotografer. Hehehehe.
Oya, kalo Anda
termasuk orang yg narsis, kamera dengan swifel display adalah pilihan terbaik. Dengan display yang bisa diputer2, Anda bisa mendapatkan angle foto yang sangat menyenangkan dan unik

Beli Dimana?

Jangan beli di Sony senter, or di Elektronik siti, or Kerfur, or Jayen. Mahal! Ada pengalaman 'buruk' teman kantor saya. Dia beli camdig di Kerfur dengan harga 1.2 juta, tanpa bonus. Eh pas tak tunjukin di sebuah website camdigstore di daerah Kemang, dengan harga yang sama, dia mestinya bisa dapet bonus batere+charger yang kalo diduitin harganya sekitar 150-200rb! Lumayan kan, buat beli tas.
Coba maen2 ke JPC Kemang , tokocamzone , or ek-gadgets . Liat di sana untuk harga patokan. Kalo mau susah payah, silahkan print harga2 di web tsb, lalu berburu lah di Mangga Dua or Ambassador. Pastikan garansi yang anda dapat adalah Garansi Resmi dealer Indonesia. Tapi kalo gak mau ribet, beli aja di toko tersebut.

Mmm, sekian dulu deh tipsnya. Mudah2an bermanfaat.
ps: sorry, kalo kesannya saya promosiin Canon mulu, maklumlah, Canon Lovers. Hasil foto, semua kembali ke 'Man Behind The Gun'. Merk gak ngaruh banyak. Kalo udah nguasain teknik, pake merk apapun, hasilnya bagus. Hehehehe

No comments: