Wednesday, February 14, 2007

Kembali ke Laaaptooop!!

Ah, sudahlah. Pasti yg mbaca tulisan ini tau siapa yg biasa ngomong beginian. Mas Tukul Arwana. Sayah tau beliau pertama kali waktu jadi penyiar setiap Ahad pagi di Radio SK. Tau gak acaranya apaan? Ramalan bintang Brur! Huehehehehe. Jaman2nya SMP-SMA (90-96) sayah suka banget ama acara ini. Kadang-kadang percaya, tapi lebih sering ketawanya sih. Dia menggunakan media air di dalam baskom (entah, beneran apa cuman kamuflase), dan membaca peruntungan penelpon. Tapi ada 1 point yg saya suka ketawa geli. Kalo dia nerima telpon dari pendengar cewek, dan menanyakan jodoh, pasti dia nanya gini:
'Mbak bintangnya apa?'
'Gemini, Mas Tukul'
'Ooo, gemini itu cocoknya sama Libra'
'Lho, kok bisa Mas?'
'Iya, soalnya saya Libra...'

Empat Mata
Sepuluh tahun kemudian, setelah dia wara-wiri gak karuan di dunia hiburan, medio Mei 2006 (tepatnya 28 Mei - hasil kutipan dari media internal transcorp), mata saya terbelalak ketika menyaksikan acara EMPAT MATA di TV 7. Bujuk buneng, sebuah acara TalkShow, trus termasuk zona Prime Time kedua, Host nya TUKUL ARWANA!!! Saya nilai, keputusan yang berani! Gelo, mana ada yg mau pasang iklan?? Wong Om Farhan di antv aja kurang laku secara share maupun rating. Tapi, sayah melihat potensi besar di acara ini.

Benar saja! Begitu TV7 diakuisisi oleh Transcorp (inget yah! bukan sama TransTv!), Direktur Utama langsung memutuskan acara yg hanya seminggu sekali (weekly) ini menjadi program harian (stripping)! Bukan tanpa alasan. Tren rating maupun share yang menanjak, otomatis sebagai gambaran apresiasi audience atas acara ini. Gak pelak lagi, Tukul menjadi icon baru buat Trans 7 (beh, tau sendiri, bikin icon itu gak bisa dalam sekejap. Konsep mateng tapi tidak disertai keberuntungan, yaaa bisa di pre-emption tuh acara...).

Asal Muasal Kalimat Sakti
Ada yang menarik ketika saya membaca asal muasal kalimat KEMBALI KE LAAAAPTOOOP. Konsep acara ini adalah: '..obrolan ringan, spontan, serta mengandalkan kecepatan host mengalihkan situasi hingga bergulir sebagai banyolan yg segar...' (Andi Chairil - Mgr Produksi Trans 7).
Naah, supaya Mas Tukul ini lebih terarah dan gak keabisan bahan pertanyaan, tim kreatif nya menyiapkan 1 buah laptop sebagai alat panduan. Begitu Tukul keliatan melenceng dari alur, tim kreatif (coba perhatiin deh, yg suka ribet bikin pertanyaan sambil ndeprok di bawah, itu dia kreatifnya) dan floor director (pengarah acara), bakal nunjuk2 ke arah laptop. Dan keluarlah kalimat legendaris: Kembali ke laaaptooop!! (kutipan dari tulisannya mbak Anita W, PR Trans7)

Entertainer Terkaya 2007???
Sekarang bicara Honor. Bocoran sih, katanya Mas Tukul dapet bayaran 20 juta (!!) per episode nya, dan dia sudah dikontrak buat setahun penuh (52 weeks, 5 times a week = 260 eps = 5,20 M) Glekkk..

Kalo dihitung dari jam kerja. Aturan resmi slot iklan adalah: durasi utuh x 20%. Jadi kalo 60 menit, acaranya sendiri hanya running 48 menit. Prakteknya, aturan itu dibabat habis. Lha iyalah, detik di TV itu kan artinya duit!. Ya udah lah, kita pake aturan resmi (biar beda ama email yg beredar, hehehehe).
Jadi kalo diitung2, waktu efektif Tukul muncul di TV adalah 48 menit. Penampilan di TV per menitnya dibayar 20jt/48menit =
Rp 416.667/menit (!!)

Hayo, gaji ente semenit berapa? Kalo udah selesai ngitung, silahkan SOBEK-SOBEK aja slip gaji sampeyan... Huehehehehehe............

No comments: