Thursday, February 15, 2007

Zuhud & Wara'

Sayah punya teman, teman sepermainan.... Sepermainan di kampus dulu. Itungannya sih adek angkatan (98). Tapi Subhanallah! Mereka (2 orang) 'lebih' dari sayah. Kesolehan, ilmu, kedewasaan, dst..... Ujung2nya, sayah bersobat kental dengan beliau2 ini (segala puji bagi Mu Ya Allah, telah memberikan ku sahabat yg terbaik...)

Dua2nya pintar, pintar banget malah (yg 1 cum laude, yg satu lagi summa cum laude. sedangkan sayah che laude ajeh). Dua2nya sederhana. Low profile, high profit. Yang satu belagunya minta ampun, yg satunya lugunya minta ampun (hiperbolik lah! mosok iya nyela sobat sendiri? Tak sobek-sobek !)

Kembali ke lapo.....

Ada 2 hal yg bisa saya tarik dari 2 teman saya ini: konsep zuhud & wara'. Sobat saya yg pertama ini, luar biasa. Dari dulu keluar dari asrama, gak pernah dia tidur di atas dipan (tau kan dipan? lawannya bilakang.... ). 'Zar, lu kan tau sendiri. Rasulullah itu kalo tidur beralaskan apa coba?', waktu saya tanya kenapa gak pernah beli dipan. Kan kasian, mosok entar kalo udah nikah, istrinya juga diajak tidur cuman pake matras?? Point kedua, dia itu kayaknya punya prinsip : bebas. Yup, dia cuman betah kerja ga sampe 2 tahun kalo diakumulasi. Padahal dari segi upah (ya upah, bukan gaji), bukan main besarnya (hiperbolik yg kedua). Sekarang dia ngajar, dan nulis novel. 'Zar, gw tadi ke SD deket kost-an. Gw ngadep Kepsek nya buat nawarin diri ngajar Bahasa Indonesia for free' Zaaah!! Ajaib kan??

Sobatku yang kedua. Dulu pertama kali kenal di masjid kampus. Hihi, ternyata dia asalnya dari Banyumas juga (sama dengan Bapak saya). Puinter. Hafidz. Agak polos. Eh, sempet jadi partner saya saat membangun subdept Billing di kantor tercinta. Saat ini dia kerja di Bank Sentral sebuah negara di Asia. Eh, beberapa waktu lalu dapet email: 'Ji, ada format CV gak? Aku mau apply lagi' Wataw!!!!

Mau tau alesannya? Mesti harus tau: 'Banyak syubhat di Bank Sentral. Lha gajiku aja kan ada kemungkinan berasal dari hasil riba.' Hyaaaah! Sekarang dia lagi sibuk nyari kerjaan yang bisa membuat dia tenang dunia akherat.

Lha gw ?????

1 comment:

eR-na said...

iye, salut buat orang2 seperti mereka. berjiwa bebas. (berani) bebas menentukan jalan hidupnya.

jadi, mungkin saya harus bersyukur kali ya, akan segera meninggalkan kondisi yang sekarang.

tapi untuk selanjutnya?
semoga bisa lebih bebas...